Sabtu, 16 November 2013

Bullwhip Effect

Bullwhip effect merupakan istilah yang digunakan dalam dunia inventory yang mendifinisikan bagaimana pergerakan permintaan dalam rantai pasokan. Bullwhip effect adalah suatu keadaan yang terjadi dalam supply chain, dimana permintaan dari customer mengalami perubahan, baik semakin banyak atau semakin sedikit, perubahan ini menyebabkan distorsi permintaan dari setiap stage supply chain. Distorsi tersebut menimbulkan efek bagi keseluruhan stage supply chain yaitu permintaan yang tidak akurat.

Penyebab bullwhip effect biasanya permintaan yang kurang stabil, order batching, price fluctuation, dan rationing and shortage gaming.

Bullwhip effect dapat dikurangi dengan mengerti penyebabnya terlebih dahulu. Cara mengetahui penyebab tersebut antara lain melakukan sharing informasi (terutama data permintaan dengan dari pelanggan akhir), memperpendek lead time, memperpendek/mengubah struktur rantai pasokan, menciptakan stabilitas harga, dan mengurangi ongkos-ongkos tetap untuk kegiatan produksi maupun pengiriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar