Selasa, 17 September 2013

Ide Model Bisnis M-Commerce

M-Commerce adalah kegiatan bisnis yang melakukan transaksi melalui mobile device atau perangkat yang portable seperti telepon genggam.

Aplikasi sosial media seperti chating sangat digemari oleh siapa saja yang menggunakan mobile device untuk berkomunikasi dalam hal bisnis atau hanya sekedar menyapa rekan dan kerabat. Fitur yang ditawarkan diantaranya yaitu chating, emoticon, group chat, voice chat, telepon,  video call,dan media sharing. Oleh karena itu saya memiliki sebuah ide untuk menyediakan sebuah aplikasi chatting yang memiliki fitur lebih yang dinamakan "rumpi" untuk para pengguna mobile device.
Fitur dasar yang disediakan oleh "rumpi" adalah chating dengan berbagai emoticon yang unik, group chat, voice chat, telepon, video call,dan media sharing. Fitur yang menjadi kelebihan dari "rumpi" adalah conference call yang memungkinkan pengguna "rumpi" untuk menelepon beberapa pengguna lain secara bersamaan untuk ngobrol bersama dengan batas maksimal hingga 7 pengguna. Selain conference call terdapat fitur utama yang disebut life calls, yaitu sebuah fitur yang berfungsi seperti video call pada umumnya, tetapi life calls memungkinkan pengguna "rumpi" untuk melakukan video call dalam sebuah grup dengan batas maksimal 5 pengguna. Bayangkan jika anda bisa berkumpul dan bertatap muka hanya dalam sebuah genggaman.
Life calls juga mengijinkan pengguna untuk mengirimkan pesan dan emoticon yang lucu untuk menambah keceriaan suasana. Emoticon dapat didownload secara gratis di halaman khusus yang disediakan oleh aplikasi "rumpi". Setiap emoticon berasal dari kreativitas tim "rumpi" yang diorder oleh sponsor. Emoticon memiliki karakter yang unik dan logo masing-masing sesuai dengan sponsor seperti kelompok olahraga, produsen makanan, alat elektronik, dll.

Marketplace position "rumpi" disini adalah sebagai marketplace/exchage karena sebagai tempat pemasaran yang menjadi perantara sponsor dengan pengguna "rumpi".

Revenue model "rumpi" adalah advertising karena menjadi sarana oleh para sponsor untuk mengiklankan diri mereka melalui "rumpi".

Commercial model "rumpi" adalah auction or spot karena "rumpi" menjadi tempat bagi para pengguna untuk berinteraksi sementara sponsor mengiklankan diri mereka di "rumpi".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar