Selasa, 10 September 2013

Tugas 1: Analisis dan Perancangan E-Business

Cost reduction
Penyusutan biaya adalah berkurangnya biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dalam aktifitas bisnisnya sehari-hari karena meningkatnya efisiensi.
Penerapan e-business yang memanfaatkan teknologi informasi akan memperhemat aktifitas sehari-hari, contohnya penggunaan kertas yang dikurangi dikarenakan menggunakan perangkat elektronik.

New capability / kemampuan baru
E-business dapat memberikan kemampuan baru pada sebuah perusahaan karena perkembangan teknologi yang diterapkan dalam perusahaan tersebut meyediakan kemampuan yang sebelumnya tidak dimiliki perusahaan tersebut.
Aplikasi penjualan melalui internet atau website e-commerce yang diterapkan perusahaan dapat memperluas jangkauan penjualan, dengan demikian pangsa pasar yang dimikili perusahaan semakin terbuka.

Communication
Komunikasi dengan para pelanggan ataupun supplier akan semakin mudah karena melalui internet yang dapat digunakan kapan saja tanpa batasan ruang dan waktu, interaksi antar perusahaan dengan pelanggan dan supplier semakin lancar dalam berbisnis.

Customer service
Pelayanan konsumen dapat ditingkatkan dengan adanya e-commerce, melalui website e-commerce perusahaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan seperti menjawab pertanyaan tentang produk dan semua yang berhubungan dengan penjualan dalam testimoni.
Pelayanan yang tanggap akan membuat pelanggan merasa nyaman dan dapat menimbulkan loyalitas dari pelanggan terhadap perusahaan.

Control / pengendalian
E-business memiliki sistem yang otomatis untuk membantu perusahaan meningkatkan efektifitas dalam mengontrol aktifitas bisnis, keakuratan sistem yang terkomputerisasi dapat dipercaya sehingga kontrol akan jauh lebih mudah dibandingkan sistem yang manual.

Competitive advantage / keunggulan kompetitif
E-business membuat sebuah perusahaan lebih unggul dalam kompetisi dengan para pesaing. Aktifitas bisnis yang teratur karena sistem yang terkomputerisasi meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam perusahaan.
Aktifitas bisnis perusahaan yang menerapkan e-business akan lebih baik dibandingkan perusahaan yang belum menerapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar