Senin, 08 Oktober 2012

Uraian Singkat CRM

Post kali ini saya akan sedikit membahas tentang Customer Relationship Management (CRM)
Apa itu CRM?
Menurut Gartner Group, CRM adalah strategi bisnis yang fokus pada pelanggan dan didesain untuk mengoptimasi profitability, revenue, dan Customer statisfaction.



CRM merupakan suatu pendekatan sistematis dalam memanfaatkan informasi dan juga komunikasi untuk membangun hubungan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan dengan pelanggan, CRM merupakan strategi komprehensif dari perusahaan agar setiap proses dari daur hidup pelanggan itu dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Ada 3 aspek penting yang perlu dibenahi perusahaan dalam proses implementasi CRM:
  • Orang, meliputi cara berpikir orang dalam melayani konsumen.
  • Proses dan Prosedur, perusahaan harus mendefinisikan secara jelas target market yang akan dibidik dan prosedur perusahaan secara lebih rinci dalam melayani konsumen.
  • Sistem Teknologi, perusahaan perlu membuat cetak biru tentang teknologi CRM seperti apa yang akan digunakan, bagaimana proses implementasinya, training, dan juga penerapannya yang berhubungan dengan sistem yang sudah ada sekarang.

Konsep CRM
Aktifitas CRM pada dasarnya bertujuan agar perusahaan dapat mengenali pelanggan secara lebih detail dan melayani mereka sesuai kebutuhannya. Beberapa aktifitas utama dari konsep CRM:
  • ·         Membangun database pelanggan yang kuat
  • ·         Membuat profil dari setiap pelanggan
  • ·         Analisis Profitabilitas dari tiap-tiap pelanggan
  • ·         Interaksi dengan pelanggan yang lebih targeted dan customized
Jenis Aplikasi CRM
  • ·         Business Intelegence
  • ·         Sales Force Automation
  • ·         Marketing Automation
  • ·         Call Center and Service
Pendapat Pribadi
Dari pembahasan di atas, saya menyimpulkan dengan kata- kata sendiri bahwa CRM adalah cara sebuah perusahaan untuk membina hubungan baik dengan para pelanggannya agar para pelanggan merasa perusahaan tersebut memberikan pelayanan yang optimal dan sangat memuaskan mereka sebagai konsumen, sehingga akan terbentuk sebuah loyalitas dari para pelanggan dan mereka akan tetap berlanggan dengan perusahaan tersebut.

Saya mengambil dua contoh website yang menggunakan CRM yaitu perusahaan pembuat jam tangan ROLEX dan ALEXANDRE CHRISTIE.

Home Page ROLEX

Home Page ALEXANDRE CHRISTIE


Para pelanggan yang ingin tahu lebih banyak tentang produk dari kedua perusahaan tersebut, dapat mengirimi pesan langsung kepada kedua perusahaan tersebut dengan mendaftar terlebih dahulu.
ROLEX


ALEXANDRE CHRISTIE

Tujuan dari fitur tersebut adalah agar dapat melayani para pelanggan dan memberi informasi yang bermanfaat tentang produk mereka sehingga pelanggan tersebut merasa terlayani dengan baik. Dari sanalah bisa terjadi loyalitas dari pelanggan terhadap perusahaan untuk memberikan kepercayaan kepada produk mereka dan membelinya.

Kedua website tersebut juga menginformasikan dimana dapat membeli produk mereka.

ROLEX

ALEXANDRE CHIRSTIE

Kedua website ini memberikan informasi kepada calon pembeli yang tertarik untuk memiliki produk mereka dan tidak tahu dimana bisa mendapatkannya, menjadi tahu tempat yang tepat untuk mendapatkan produk tersebut.

Fitur CRM yang dimiliki kedia website tersebut memiliki cara kerja yang hampir sama. Hanya saja dari segi tampilan, website ROLEX memang lebih simple dari website yang dimiliki ALEXANDRE CHRISTIE.

Sekian posting dari saya, Terima Kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar